Home Serba-serbi Tips Menjual Kerajinan dalam Pameran (selesai)

Tips Menjual Kerajinan dalam Pameran (selesai)

914
0

Menggelar pameran adalah salah satu cara untuk mengenalkan hasil dari produk kerajinan anda kepada lingkup khalayak luas yang mungkin sebelumnya belum tersentuh oleh pemasaran anda. Selain itu pameran juga akan di kunjungi banyak orang yang secara otomatis semuanya akan meningkatkan probabilitas penjualan produk.

Karena dua alasan diataslah kita sebagai pelaku kerajinan hendaknya memanfaatkan dengan bijak kesempatan melakukan pameran tersebut, dengan mencoba berbagai tips yang dibagi oleh Rachel Potucek, seorang pengusaha sabun yang hanya dalam 18 bulan telah berkembang, dari penjual kerajinan di pedesaan hingga menjadi retailer wholesale di berbagai negara bagian, bahkan produknya juga masuk Indonesia juga loh. Karena itu, tim kerajinan.id mencoba untuk menjabarkan apa saja poin yang disebutkan dalam tips menjual kerajinan dalam pameran, antara lain yaitu:

Mintalah feedback dari pengunjung

Pameran kerajinan adalah suatu waktu yang langka yang bisa anda manfaatkan untuk meminta feedback dari pengunjung untk meningkatkan bisnis anda. Tanyakanlah kepada pengunjung, kenapa mereka tertarik dengan produk anda, darimana dan bagaimana mereka mengetahui tentang produk anda, ada masalah apa dengan produk anda, dan digunakan untuk apakah produk anda. Kedekatan dengan pelanggan akan membuat mereka dengan senang hati membantu anda untuk berkembang. Undanglah pelanggan untuk tetap dekat dengan anda, bisa dengan mendaftarkan email mereka, memberi kartu nama, atau kupon diskon untuk produk anda sewaktu pameran.

tips menjual kerajinan dalam pameran
penawaran dalam waktu terbatas

Tingkatkan rata rata penjualan per pelanggan

Bayangkan jika anda bisa menjual lebih dari 1 produk kepada 1 pelanggan, maka anda akan mendapat keuntungan lebih besar dengan hanya mengandalkan basis konsumen yang sama dalam pameran tersebut. Salah satu caranya adalah berilah deal spesial yang tidak ditawarkan oleh online shop anda ataupun di stand vendor yang lain. Anda bisa memberi penawaran “dapatkan produk gratis dengan pembelian minimum …”, “potongan harga besar besaran”, “hadiah souvenir” atau trik klasik “beli 3 dapat 1”, yang hanya berlaku pada hari tersebut.

tips menjual kerajinan dalam pameran
trik klasik “buy 3 get 1”

Tawarkan item dengan harga rendah dan tinggi sekaligus

Dengan menawarkan item anda yang berharga murah dan berharga tinggi sekaligus akan meningkatkan kemungkinan rata rata penjualan per pelanggan. Dalam suatu artikel di new york times mengatakan bahwa konsumen cenderung mengambil produk dengan range harga di tengah yang anda tawarkan. Keuntungan dari menawarkan produk dengan range harga rendah adalah anda bisa memancing pelanggan baru untuk produk anda, dan jika mereka menyukainya, kemungkinan mereka akan mengambil produk anda di rentang harga yang lebih tinggi akan lebih besar.

Manfaatkan sisi vertikal

Ini adalah teknik yang biasa dipakai dalam display dalam rak supermarket. Pada dasarnya manusia selalu mencari hal yang termudah, orang akan menyukai dan membeli sesuatu yang ada dalam display yang sejajar dengan posisi mata. Jadi pajanglah produk anda dalam posisi yang sejajar dengan rata rata mata pengunjung. Susunlah rak anda, atau tumpuk kotak hingga ketinggian ideal. Rak susun juga akan meningkatkan ruang untuk memajang lebih banyak produk, dan juga akan menarik konsumen yang datang dari poin pertama.

tips menjual kerajinan dalam pameran
display sejajar posisi mata akan cepat menarik perhatian

Bertukar produk dengan pengrajin lain

Vendor kerajinan lain dalam suatu pameran jangan lah anda anggap sebagai saingan, mereka adalah sekutu anda dengan tujuan yang sama. Tidak hanya menambah teman sesama pengrajin, tetapi terkadang pengrajin juga menjualkan produk dari vendor lain. Dengan bertukar produk, anda akan meningkatkan keberadaan anda dalam suatu pameran, anda bahkan mungkin akan mendapat rekomendasi penjualan pula. Siapa tahu juga, rekan pengrajin anda bisa menjadi kolaborator yang bisa menguntungkan kedua belah pihak di masa depan.

—||

Demikian adalah tips menjual kerajinan dalam pameran yang di bagikan oleh Rachel Potucek dari pengalamannya menjadi vendor kerajinan sabun the people soap company. Semoga tips diatas dapat membantu rekan pengrajin untuk dapat memanfaatkan kesempatan melakukan pameran dengan efektif untuk mengembangkan produk kerajinan masing masing. Jangan lupa juga untuk membaca seri tips bisnis kerajinan dari tim kerajinan.id untuk membantu anda dalam bisnis kerajinan secara menyeluruh. Maju terus kerajinan Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here