Home Serba-serbi Tips Bisnis Kerajinan untuk Pemula

Tips Bisnis Kerajinan untuk Pemula

801
2

Tips Bisnis Kerajinan untuk Pemula

Bisnis kerajinan juga memiliki hal-hal yang sama dengan bisnis-bisnis lain. Yang juga membutuhkan ketelitian, kesabaran serta pemahaman pasar agar bisnis tetap berjalan. Pada dasarnya, semua bisnis membutuhkan 1 hal yaitu arus keuangan masuk dan keluar yang seimbang.

Namun arus keuangan yang stabil tidak akan bisa didapatkan apabila bisnis belum dijalani atau bahkan belum dimulai. Bagi pengrajin atau Anda yang berencana menjadikan bisnis kerajinan sebagai bisnis sepenuhnya (bukan lagi sampingan), Anda perlu memahami tips berikut ini:

1. Pilih bidang kerajinan

Awali dengan memilih bidang kerajinan yang ingin dikerjakan, apabila bidang kerajinan tersebut adalah sesuatu yang Anda sukai (sesuai passion) maka akan lebih baik. Karena memulai bisnis maka sama dengan memutuskan untuk mendapatkan penghasilan dari apa yang dikerjakan. Kemudian tumbuhkan gairah besar untuk terus mempelajari kreatifitas dari bidang kerajinan yang sudah dipilih. Menjaga tingkat minat dalam bisnis kerajinan ini akan mendorong diri Anda untuk bekerja lebih keras hingga mencapai sukses.

2. Kenali pasar produk Anda

Mengenali pasar dari bidang kerajinan yang dipilih merupakan keharusan. Harus bisa memahami apa yang membuat mereka membeli produk Anda, bagaimana Anda akan memberi harga dan apakah mereka bersedia membayar produk Anda dan lain-lain. Selalu diingat bahwa pembeli tidak akan membeli produk yang tidak mereka butuhkan, rata-rata pembeli akan membeli apa yang menjadi kebutuhan, kesukaan dan hobi.

Lakukan pengenalan pasar dengan datang ke pameran, lakukan riset dengan mencari di internet tentang pasar yang Anda tuju. Ini berguna untuk memahami lebih jauh pasar dari produk Anda, kompetisinya hingga produksinya.

3. Tempat memasarkan

Tentukan segera tempat untuk memasarkannya. Apakah akan dijual melalui pasar kerajinan secara konvensional atau dipasarkan dan dijual melalui website.

Tempat terbaik bisa ditentukan berdasarkan biaya dan anggaran yang muncul atau yang sudah ada untuk pemasaran produk Anda. Apabila Anda menentukan untuk membuka toko, maka yang perlu dilakukan adalah menemukan toko yang strategis, lingkungan yang mendukung serta jumlah konsumen yang berada dalam area penjualan.

Apabila Anda menentukan untuk membuka website serta memasarkannya secara online melalui sosial media serta agen pemasaran digital, maka persiapkan kebutuhannya dengan membuat nama domain yang bagus serta desainer yang menarik untuk website Anda. (Baca juga: Cara menjual kerajinan secara online).

4. Segera mulai

Lakukanlah segera, perlahan namun pasti. Sesuaikan perjalanan dengan anggaran yang Anda miliki. Apalagi jika modal adalah masalah terbesar. Yang terpenting, lakukan terlebih dahulu, ini adalah cara terbaik agar bisa segera terjun ke dalam pasar dan mengenali kebutuhan pasar dengan biaya seminimal mungkin.

Inilah sedikit tips bisnis kerajinan bagi pemula. Semoga bisa menambah daya juang bagi Anda untuk memulai.

Selamat memulai.

[xyz-ihs snippet=”Kerajinan-Indonesia”]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here