Home Serba-serbi Kreasi Replika Kerajinan Akar Wangi dari Bulukerto

Kreasi Replika Kerajinan Akar Wangi dari Bulukerto

1227
1

Dalam artikel sebelumnya yang mengulas tentang kerajinan akar wangi dari Garut, disebutkan “Akar wangi adalah tanaman yang termasuk dalam jenis rerumputan yang masih bersaudara dengan serai dan juga padi. Tanaman akar wangi yang memiliki nama latin Vetiveria zizanioide ini memiliki keunikan dibandingkan dengan saudara sesama rerumputannya, ya sesuai namanya, tumbuhan ini mengeluarkan aroma wangi.”

Kali ini kita akan mengulas sebuah kerajinan serupa dari Bulukerto, Wonogiri. Tanaman tropis ini dimanfaatkan menjadi berbagai macam kerajinan yang memiliki kecenderungan berbeda dengan saudaranya di Garut. Jika kerajinan akar wangi produksi Garut lebih banyak memiliki fungsional, maka produk Bulukerto ini lebih menekankan pada sisi estetikanya.

akar wangi bulukerto
akar wangi bulukerto

Tumbuhan rumput yang hidup sepanjang tahun tersebut diolah menjadi kreasi berbagai bentuk miniatur hewan seperti Jerapah, Kelinci, Kuda, Gajah dan berbagai hewan lainnya. Sebagai pemanis, biasanya hasil kerajinan akar wangi tersebut di padu padankan dengan bahan dasar lain seperti kerang, kancing, tali hingga enceng gondok. Jika disebutkan bahwa kebanyakan kreasi berbentuk miniatur, maka ada juga yang tidak biasa, yaitu kreasi replika sesuai ukuran aslinya. Jangan kaget jika menemukan kerajinan akar wangi berbentuk kereta kuda yang dapat di kendarai dengan baik.

Rata rata proses pembuatan kerajinan akar wangi memakan waktu kurang lebih 2 jam untuk produk miniatur berukuran sekitar 15 cm, sedangkan untuk kreasi replika dengan perbandingan serupa asli atau setidaknya mendekati ukuran sesungguhnya maka proses pembuatannya bisa memakan waktu hingga dua bulan non stop.

Produk kerajinan akar wangi tersebut terlihat serasi jika ditempatkan di atas rak di ruang tamu.Di samping membuat interior rumah menjadi makin cantik sebagai media dekorasi juga bisa difungsikan sebagai bahan alami aromaterapi yang akan menambah kenyamanan. Lebih lanjut, keunikan dari kerajinan ini adalah sekaligus bisa menghalau kecoa yang ada di dalam rumah. Para pengrajin di Bulukerto pun membuat semacam paket interior rumah lengkap dari kerajinan akar wangi. Para pengunjung bisa membeli kerajinan kipas, taplak meja serta vas bunga dalam satu set untuk dekorasi ruangan agar nampak indah dan memiliki sentuhan etnik. kerajinan khas warga Bulukerto ini bisa didapat dengan harga mulai Rp.10 ribu sampai jutaan rupiah.

1 COMMENT

  1. […] Dari Kerajinan enceng gondok berupa sandal, tas, dompet serta pernik-pernik perhiasan enceng gondok sampai furniture pun dapat dibuat dari enceng gondok. Untuk harga souvenir bisa didapat di kisaran harga puluhan ribu rupiah dan untuk furniture seperti sofa atau meja bisa mencapai minimal harga satu juta per satuannya. Kerajinan enceng gondok adalah bisa diandalkan dari sisi ketahanan maupun estetika, yang membuatnya menjadi primadona kerajinan berbahan serat alam. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here