Home Serba-serbi 11 Ide Kreasi Unik dari Pipa PVC yang Patut Anda Coba

11 Ide Kreasi Unik dari Pipa PVC yang Patut Anda Coba

4950
1

Kebanyakan dari kita pasti merasa akrab dengan material pipa PVC yang bisa dengan mudah kita temui di berbagai toko material atau toko listrik. Pipa PVC (polyvinyl chloride) saat ini memang banyak di manfaatkan sebagai pengganti dari pipa besi, hal ini bukan tanpa alasan. Pipa PVC ini jika di bandingkan dengan pipa besi memiliki berbagai kelebihan, di antaranya adalah, pipa PVC lebih ringan, ekonomis, lentur, tidak berkarat, tahan asam alkali, non-konduktor, dan instalasi mudah.

da tiga tipe pipa yang beredar di pasaran, yakni tipe AW, D, dan C. Pipa tipe AW merupakan pipa paling tebal yang mampu menahan tekanan hingga 10 kg/cm2. Pipa jenis ini baik untuk saluran air minum, terutama bagian penghisapan hingga saluran air ke keran. Pipa tipe D merupakan pipa dengan ketebalan sedang yang mampu menahan tekanan hingga 5 kg/cm2. Pipa jenis ini cocok untuk saluran pembuangan dan limbah. Pipa tipe C merupakan pipa paling tipis. Pipa jenis ini kurang baik untuk saluran air dan sering dipakai sebatas untuk pelindung, seperti pelindung kabel listrik.

Pipa PVC sebagai bahan kerajinan

Tapi apakah pipa PVC hanya memiliki kegunaan sebagai material bangunan saja? Tentu tidak, pipa PVC juga di ketahui dapat di ubah menjadi berbagai jenis kerajinan unik dan menarik seperti kerajinan pipa bakar, sebagai bahan pembuatan meubel, hingga berbagai souvenir yang cantik.

Kali ini kita akan membahas aneka kreasi pipa PVC yang mungkin bisa menjadi inspirasi anda dalam mengembangkan bisnis kerajinan atau sekedar hanya mengisi waktu luang untuk berkreasi dengan bahan yang mudah di dapatkan. Berbagai desain bisa anda buat dari material ini, berbagai keunggulan yang ada membuat kita memandang pembuatan kreasi unik dari pipa PVC adalah bahan yang ramah bagi pemula.

Oh ya, ada sedikit tips bagi anda yang ingin membuat kreasi unik dari pipa PVC seperti yang akan kita baca di bawah. Jika memungkinkan, pipa yang akan di gunakan jangan pipa-pipa yang murah dan tidak bermerk, karena biasanya kandungan CaCo3 (Kapur) nya banyak dan mudah pecah, patah, dan kurang tahan lama. Pilihlah pipa PVC dengan merek yang sudah memasyarakat, seperti Pr*lon, Vinil*n, Wav*n, dll. Karena produsen pipa besar seperti mereka tidak menjual pipa retail murah yang kandungan kapurnya tinggi, sehingga tidak akan mudah rusak

Juga berhati hatilah dalam mengolah pipa PVC, karena pipa PVC rata rata berbahan dasar resin PVC dan Timah Hitam (Lead), dimana timah hitam itu sendiri mengandung Toxic (racun). Jadi minimalisir kontak dengan mulut anda, efeknya mungkin tidak akan langsung terlihat, tetapi jika di biarkan, akan berangsur memburuk di hari tua anda. Jadi berhati hatilah, safety first.

Berikut adalah berbagai contoh kreasi unik dari pipa PVC yang patut dicoba:

  • Kreasi rak sepatu unik
rak sepatu unik
rak sepatu unik
  • Rak dinding simple
rak dinding sebaguna yang simpel
rak dinding sebaguna yang simpel
  • Vas bunga elegan
vas bunga elegan dengan sentuhan cat metalik
vas bunga elegan dengan sentuhan cat metalik

Baca juga Kreasi bunga anggrek

  • Lampu berbentuk karakter tinkerman
this quite interesting tho..
this quite interesting tho..
  • Kap lampu menarik
kap lampu menarik untuk dekorasi
kap lampu menarik untuk dekorasi
  • Tempat lampu gantung
light me up
light me up
  • Sebagai tempat menyimpan koleksi pancing anda
strikeeee!!
strikeeee!!
  • Tempat sepeda
gowes gowes yuks
gowes gowes yuks
  • Tempat pensil yang berbeda
menarik kan tempat pensilnya??
menarik kan tempat pensilnya??
  • Tempat gitar
gitaris juga kreatif dong
gitaris juga kreatif dong
  • Camera holder ( buat yang suka bikin film cocok nih )
take one.. Action!!
take one.. Action!!

Itulah berbagai kreasi unik dari pipa PVC yang bisa anda lakukan sendiri dirumah dengan budget yang pasti terjangkau dan material yang mudah di bentuk serta mudah di dapat. Bisa juga anda membuat modifikasi dari ide dasar seperti diatas untuk menjadi produk kerajinan berbagai kreasi pipa PVC yang bisa menambah pundi kantung anda juga nantinya. Caranya bisa dengan anda buat brand sendiri dan anda pasarkan secara online melalui berbagai situs jual beli online seperti krafina.com, dan jangan lupa untuk membaca tips bisnis kerajinan dari tim kerajinan.id. semoga sukses.

[xyz-ihs snippet=”Kerajinan-Indonesia”]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here