Home Kuliner 8 Tempat Wisata Kuliner Tradisional dan Modern di Bogor

8 Tempat Wisata Kuliner Tradisional dan Modern di Bogor

29
0

Berencana untuk wisata kuliner di Bogor? Ada baiknya carilah terlebih dahulu referensi tempat – tempat kuliner yang akan di tuju. Agar perjalanan lebih efektif sehingga bisa mengejar semua lokasi wisata kuliner yang diinginkan.

Berikut ini ada beberapa lokasi wisata kuliner yang bisa dituju, wisata kuliner tradisional dan modern yang bisa kamu kunjungi.

Makan Cungkring Pak Jumat

Makanan cungkring ini berupa tetelan atau irisan atau cungkring kaki sapi yang disajikan dengan bumbu sate. Makanan ini biasanya disajikan melalui 4 pilihan yaitu kikil, kulit, dampal dan urat.

Cungkring Pak Jumat Bogor
TravelingYuk.com

Makanan cungkring Pak Jumat ini sudah hadir sejak tahun 1975, seiring perjalanan waktu, kuliner tradisional ini menjadi salah satu destinasi kuliner yang legendaris. Dulunya, sang penjual menjajakan kuliner ini secara berkeliling. Namun, sejak 2004 pemiliknya membuka gerobak Cungkring Pak Jumat di kawasan Jalan Surya Kencana. Setiap harinya, kuliner ini buka pukul 07:00 – 09:30 WIB.

Harga satu porsi makanan cungkring ini seharga Rp. 15.000,- yang tersaji disertai lontong, keripik tempe disiram dengan bumbu kacang dan cabe. Daging yang empuk dari cungkring kaki sapi ini karena direbus selama kurang lebih 5-6 jam.

Soto Kuning Bogor

Banyak penjual Soto Kuning di Bogor, namun yang cukup populer disana Soto Kuning Pak Yusup. Soto khas Bogor ini tak ubahnya seperti soto – soto yang lain di berbagai daerah Indonesia. Namun soto kuning ini memiliki kuah yang berwarna kuning, berbeda dari lainnya. Beberapa pilihannya adalah daging, hati, usus, paru, babat, lidah, kikil, dan otak.

Soto Kuning Bogor
travel.kompas.com

Soto Kuning Pak Yusup terletak di Jalan Surya Kencana No 103. Saat memesan soto, kamu bisa memilih lauk disajikan dengan cara digoreng atau dibumbui kuning. Satu porsi soto kuning di tempat ini seharga Rp10.000, tergantung dari lauk yang dipilih. Jika ingin mencoba kuliner ini, kamu bisa datang pukul 08:00 – 18:00 setiap harinya.

Toge Goreng Ibu Hj Omah

Namanya Toge Goreng, namun sebenarnya disajikan setelah melalui proses rebusan, kemudian ditambah dengan irisan tahu goreng, potongan ketupat, mie kuning yang kemudian disiram bumbu kacang berisi tauco dan oncom. Ini menjadi salah satu lokasi tujuan wisata kuliner bagi penggemar makanan tradisional.

toge goreng ibu haji omah bogor
bogor.tribunnews.com

Apabila ingin mencoba taoge goreng, kamu bisa datang ke tempat yang paling legendaris bernama Toge Goreng Ibu Hj. Omah. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Soedirman No 23A. Taoge goreng di sini dimasak menggunakan kayu bakar, sehingga menciptakan cita rasa yang unik. Satu porsi taoge goreng di tempat yang buka pukul 08:30 – 17:00 ini dijual dengan harga sekitar Rp14.000.

Bakso Kikil Pak Jaka

Bakso Kikil, makanan berkuah yang segar dan sedap untuk dinikmati waktu hujan ini tepat sekali ada di daerah yang terkenal kota hujan, yakni Bogor. Kamu bisa mencoba makan Bakso Kikil Pak Jaka yang terletak di Jalan Surya kencana No 287 setiap pukul 09.00 WIB sampai persediaan habis.

bakso kikil jaka
bogor.tribunnews.com

Bakso Kikil Pak Jaka begitu spesial di kalangan warga dan wisatawan karena menggunakan kikil empuk yang mudah dikunyah. Kikil yang diambil berasal dari bagian betis sapi karena bebas lemak. Tempat makan ini juga menyediakan menu bakso biasa yang dagingnya diambil dari bagian paha belakang sapi. Rasanya tak kalah enak dari menu kikil karena dagingnya empuk dan tidak berbau.

Sumber dari Blog Traveloka.

Cimory Riverside

Cimory Riverside Puncak Bogor
dejaka.com

Dulu, mengenal Cimory sebagai tempat produk susu sehat yang segar. Kamu bisa mengunjunginya untuk membeli berbagai macam makanan berbasis susu di Cimory. Namun ternyata Cimory juga menyediakan tempat untuk kuliner lainnya terletak di Jl. Raya Puncak KM. 76 Pucak, Megamendung, Bogor dan berada di tepi sungai ini, suguhan panorama yang indah dan cantik, apalagi bila malam hari dimana kita bisa mendengarkan gemericik air serta kilatan cahaya dari air yang mengalir.

Terdapat beberpa menu yang siap dijadikan oleh-oleh ataupun makanan yang siap santap. Seperti Sosis Cimory, Matcha Tea Chocolate dan lainnya.

Death by Chocolate

Death By Chocolate
pergikuliner.com

Menggemari horor sekaligus cokelat? Datanglah kesini, kafe khusus berbalut suasana horor dan semua menunya berisi cokelat. Lokasinya ada di Jl. Ciremai Ujung No. 22, Bogor Utara, Kota Bogor dan berada di sebuah rumah tua. Tapi gak perlu khawatir, itu semua hanya pajangan.

Ketika di sini, kamu harus mencicipi menu andalannya, yaitu Brownies yang dibentuk menyerupai kuburan lengkap dengan batu nisan dan dengan lelehan cokelat lembut di bagian dalamnya. Ada juga Puding Bola Mata yang terlihat menyeramkan. Tapi, sebetulnya adalah dua buah pai tumpuk dengan wajah tengkorak.

Kunjungilah tempat ini pada Jumat atau Sabtu malam, karena di hari itu akan ada pertunjukkan hantu yang menyeramkan.

Royale Bakery & Cafe

Royale Bakery & Cafe Bogor
sakerapedia.com

Berlokasi di Jl. Siliwangi No. 65, Sukasari, Bogor Timur, Kota Bogor, di area bakery lantai dasar, kamu dapat menemukan aneka roti dan kue penggugah selera yang baru keluar dari oven. Dari Chocolate Torte, Pastry sampai Rainbow Cake semua ada di sini.

Menu yang cukup mencuri perhatian adalah Ninja Burger. Mungkin kamu akan kaget melihat tampilannya yang tampak gosong, tapi sebenarnya itu memang dibuat dari roti berwarna hitam yang unik dengan rasa yang nggak kalah sedapnya. Ada juga Double Doughnut Milkshake yang disajikan untuk sajian penutup.

Rumah Air Restoran

Rumah Air Restoran
rumahairbogor.com

Dengan konsep tradisional, restoran ini menawarkan panorama menarik berupa pondok-pondok yang berdiri di atas sebuah danau kecil. Tempat ini juga menawarkan menu makanan khas Sunda, salah satunya yang jadi favorit adalah Nasi Tutug Oncom, yaitu nasi pulen yang diolah dengan oncom panggang.

Restoran yang berlokasi di Jl. Boulevard CBD Bogor Nirwana Residence ST 207, Bogor Selatan, bagian teruniknya karena menawarkan berbagai aktivitas seru untuk anak-anak di Kid’s Adventure Center. Di area Kid’s Adventure Center-nya, anak-anak bisa melakukan berbagai kegiatan. Di antaranya bermain aneka permainan, menonton pertunjukan boneka dan masih banyak lainnya dengan biaya yang cukup terjangkau /per jenis permainannya.

Untuk anak remaja atau orang dewasa, bisa bersantai sembari memancing di tepi danau bagi yang suka memancing.

Sumber dari IDN Times.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here