Home Kerajinan Kerajinan Emas Tanjung Batu Dalam Tradisi

Kerajinan Emas Tanjung Batu Dalam Tradisi

1067
1

Desa Tanjung Batu adalah desa yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Di desa tersebut ada cerita legenda yang memiliki kaitan erat dengan mata pencaharian warga sekitar, dimana desa tersebut terkenal sebagai desa penghasil kerajinan emas Tanjung Batu.

Sebut saja cerita mengenai Sang Sungging dan Puteri Senuro atau Puteri Pinang Masak. Keahlian yang diwariskan oleh Sang Sungging dalam hal bertukang dan membuat kerajinan serta kemahiran Puteri Pinang Masak dalam membuat anyaman diyakini erat sebagai cikal bakal bidang usaha dan mata pencaharian penduduk berupa kerajinan emas Tanjung Batu yang berkembang di beberapa desa di Kecamatan tersebut.

Di Desa Tanjung Batu, bidang usaha atau mata pencaharian utama penduduknya didominasi oleh usaha kerajinan. Jenis kerajinan yang ada diantaranya adalah kerajinan kuningan ,kerajinan emas dan perak. Dari jenis kerajinan tersebut, kerajinan emas dan perak mendominasi sebagai mata pencaharian utama penduduk. Bidang usaha ini kemudian oleh penduduk lokal lebih dikenal dengan istilah “pande” atau “kamasan”. Profesi pengrajin emas dan perak ini sudah dilakoni oleh masyarakat sejak dahulu. Hampir setiap rumah memiliki atau menekuni bidang ini, Sehingga citra usaha ini sebagai usaha rumahan sudah melekat dari jaman dahulu.

Dalam pengerjaan pembuatan kerajinan dari emas, pengrajin emas juga memerlukan meja seukuran 50 cm x 150 cm. Di atas meja ini, setiap pengrajin menggunakan peralatan pinset, palu kecil, solder, dan alat-alat kecil lainnya. Pembuatan perhiasan ini dikerjakan berdasarkan pesanan dari toko emas yang tersebar di provinsi ini.

Proses pembuatan kerajinan emas Tanjung Batu ini sangat sederhana. Yakni, setelah emas batangan dilebur hingga cair lalu dibentuk menjadi seperti lempengan. Untuk pembuatan kalung lempengan ini harus panjang, sedang untuk gelang lempengannya pendek. Lempengan mulai dibentuk ukuran kecil sesuai dengan yang inginkan. Dari ukuran kecil inilah motif dapat dibentuk dengan menggunakan peralatan yang sederhana yang telah disiapkan diatas meja kerja tersebut diatas. Untuk membeli hasil kerajinan emas Tanjung Batu ini bisa didapat di toko emas dan perak di daerah sekitar, karena selama ini pembuatan kerajinan perhiasan di desa tersebut adalah berdasar pesanan dari toko toko emas.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here