Home Kerajinan Dekranas Award 2015 dari kemendag untuk dorong ekspor kerajinan

Dekranas Award 2015 dari kemendag untuk dorong ekspor kerajinan

858
0

Industri kerajinan tangan kini semakin berkembang di Indonesia, Para pengrajin di berbagai daerah mulai semakin berinovasi dan meningkatkan kualitas produk kerajinan nya, salah satu langkah strategis pemerintah untuk mengembangkan kerajinan salah satunya dengan menggelar Dekranas Award 2015, menjadi gelaran kedua setelah yang pertama diadakan pada tahun lalu. Seperti yang dikutip dari situs Kemendag berikut.

produk kerajinan
Guna memotivasi para pengrajin, agar ekspor dan daya saing kerajinan daerah meningkat, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bersama Kementerian Perdagangan menggelar Dekranas Award 2015. Dekranas Award merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam mengembangkan produk, khususnya kerajinan.

“Ini merupakan apresiasi pemerintah yang diharapkan bisa memotivasi perajin untuk terus meningkatkan cipta kriyanya, khususnya yang mendukung pengembangan ekspor,” kata Nus Nuzulia Ishak, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (15/12).

Saat ini, ekspor produk kerajinan asal Indonesia terus bergerak naik. Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) periode 2010-2014, ekspor produk kerajinan tumbuh 2,63% per tahun. Khusus 2014, nilai ekspor kerajinan mencapai US$694,34 juta.

Dengan adanya Award ini, dia mengharapkan semangat para pekerja seni di seluruh Indonesia bisa terpacu untuk menciptakan produk kerajinan yang terbaik. Dekranas Award 2015 diberikan kepada para perajin melalui Dekranas Award Produk Karya Kriya Terbaik Indonesia yang penjuriannya berlangsung 14-16 Desember 2015. Sementara para pembina akan diberi penghargaan Dekranas Award Pembina Teladan dan akan dilaksanakan penjuriannya pada Februari 2016.

Dekranas Award Karya Kriya Terbaik diberikan pada perajin, produsen, ataupun desainer yang berhasil mengembangkan produk kerajinan yang berkualitas, otentik, inovatif, dan berorientasi pasar, baik domestik maupun international. Selain itu, produknya juga dipilih yang memperhatikan unsur ramah lingkungan dan tanggung jawab sosial.

Evaluasi penjurian untuk Produk Karya Kriya dilakukan para profesional di bidang produk kerajinan. Peserta Dekranas Award Karya Kriya Terbaik Indonesia berasal dari beberapa Provinsi Kabupaten dan Kota di Indonesia. Tahun ini ada 282 produk yang dinilai dan terbagi dalam 8 kategori produk, yaitu tekstil, serat alam, keramik, kayu, logam, batu-batuan, bahan baku alam, serta bahan baku alam lain yang telah diproses.

Dibanding 2013, ada peningkatan jumlah peserta yang cukup signifikan pada jumlah peserta Dekranas Award 2015. “Terjadi peningkatan jumlah peserta sebesar 33,6% di banding pada Dekranas Award pertama pada 2013. Ini sangat menggembirakan,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana Dekranas Award, Retno Damayanti Rachmat Gobel.

Sementara itu, Ketua Harian Dekranas Erni Tjahjo Kumolo menambahkan, penerima Award Produk Karya Kriya Terbaik Indonesia 2015 akan diikutkan pada World Craft Council Award of Excellence (WCC AoE) di Kuwait tahun 2016. Untuk Dekranas Award Pembina Teladan diberikan kepada Dekranasda Provinsi yang bekerja sama dengan Dekranasda Kabupaten dan Kota. Penghargaan diberikan bagi mereka yang berhasil mengembangkan produk unggulan daerah yang berbasis pada tradisi, budaya, kekayaan lokal, dan berdaya saing.

Dengan adanya Dekranas Award ini diharapkan akan muncul pelaku-pelaku baru yang potensial di sektor kerajinan. Nantinya hal itu dapat mengangkat perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan perajin di Indonesia.

[xyz-ihs snippet=”Kerajinan-Indonesia”]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here